Mantap Minum Kopi Dalam Bulan Puasa - lapaklarismanis

Mantap Minum Kopi Dalam Bulan Puasa

1 tahun yang lalu    

Mantap  Minum Kopi Dalam Bulan Puasa

Tapi, tahukah Anda  bahwa minum kopi  pada  bulan puasa tak  menganggu kesehatan asalkan  sesuai dengan anjuran?

Minum Kopi

BANYAK penikmat kopi  (khususnya para pemula) tidak berani  mengonsumsi kopi di bulan puasa disebabkan  bisa  mengganggu kesehatan tubuh. Sementara itu, minum kopi pada  bulan puasa tak  mengganggu kesehatan tubuh  sama sekali asal Anda mengetahui caranya dan takarannya serta  tidak berlebihan. Saya sendiri selaku  peminum kopi aktif senantiasa  minum kopi sepanjang bulan puasa serta sama sekali kagak mendapat efek kurang baik terhadap tubuh   saya. (Baik yang menggunakan saringan French Press atau Yang menggunakan mesin espresso)

Contoh mesin espresso dapak di klik disini

Barangkali  Anda terbiasa menikmati seduhan secangkir kopi di saat pagi hari sebelum melakukan  aktifitas sehari-hari.

Pada saat ini   Bulan Puasa Ramadhan. Anda berpikir untuk meninggalkan  ‘kebiasaan’ ngopi

Hal tersebut tentulah sangat sulit untuk di lakukan.

Andaikata  kamu   peminum kopi, Anda mesti  mengalaminya: yang namanya rasa lelah, sampai-sampai pusing kepala, jika melewati kebiasaan minum kopi di pagi hari.

Pertanyaannya bagaimana cara melewatinya di bulan puasa  kali ini?

Ketimbang  harus menghentikan kebiasaan  ngopi Anda secara tiba-tiba, yang mana perasaanya  sangat tidak menyenangkan, Anda dapat  mulai menciptakan  perubahan secara perlahan lahan pada saat  bulan puasa Ramadhan.

Minum Kopi

Andaikan  Anda terbiasa minum 3 (tiga) gelas kopi untuk setiap harinya, , Anda dapat  menguranginya menjadi dua gelas pada saat sehabis buka dan pada saat malam hari atau pada saat Sahur,  mulailah mengganti kopi Anda menjadi kopi rendah kafein dari robusta ke arabika.

Seperti yang kita ketahui bersama

Kopi bukan  sekedar air hitam yang  pekat, melainkan minuman yang berisi antioksidan sangat tinggi.

Seseorang peneliti Harvard, Edward Giovannucci, mencatatkan  bahwa kopi mempunyai  lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan  kebanyakan sayuran serta  buah-buahan.

Untuk Anda  yang kemungkinan  khawatir dan cukup  takut meneguk minuman  kopi selama bulan puasa  ini…

tenang saja….

Sebab berikut ini  akan diberikan beberapa kiat  ngopi di bulan puasa.

 

Menikmati kopi selama bulan puasa

Tentu Anda  masih dapat  menikmati seduhan kopi sepanjang  Bulan Puasa. Cuma  saja waktunya yang dikondisikan, dan tidak lantas meminumnya begitu ada keleluasaan.

Selanjutnya  kami bagikan beberapa kiat  supaya  anda tetap bisa  menikmati kebiasaan seduhan  minum kopi Anda yang nan nikmat (Baik Yang Mengunakan French Press ataupu Mesin Kopi Espresso)

Contoh mesin espresso dapak di klik disini.

@ Saat buka puasa

Hindari saat berbuka puasa dengan secangkir kopi, Anda  tidak dianjurkan mengonsumsi minuman kopi secara langsung selepas  adzan maghrib datang. Tetapi  minum kopi dapat dilakukan dua jam setelah berbuka puasa  lantaran  kafein dalam kopi  akan menaikan  pelepasan asam lambung pada saat perut Anda yang masih dalam kondisi kosong. Hal ini dapat mengakibatkan  Anda alami  gangguan pencernaan.

Jadi berbukalah seperti biasa. Alangkah lebih baik lagi andaikan  Anda berbuka puasa dengan kurma bersamaan  air putih atau susu. Pengganti  lainnya ialah  minuman yang manis.

Saat berbuka puasa Anda  disarankan  mengonsumsi makanan  manis, air minum yang cukup kemudian  menikmati makanan utama

Anda bisa minum kopi setidaknya dua jam setelah berbuka  puasa

Minum Kopi

Dengan seperti itu tubuh Anda secara otomatis sudah dapat menyesuaikan diri dengan metabolisme yang ada, terutama kadar gula darah sehabis  makan. Selain dari  itu, seduhan secangkir kopi bisa  membuat anda bertambah ‘alert’ dan siap melaksanakan ibadah tarawih.

Baiknya ngopi dilaksanankan  sesaat sebelum masuk  salat Isya serta  Tarawih. Kenapa? Karena Zat kafein pada minuman  kopi memberi energi untuk  membuat pengonsumsinya aktif. ibadah Tarawih dapat  dilaksanakan dengan khusyuk serta  maksimal minus rasa mengantuk.

 

@ Pada  malam hari

Andaikan  anda terbiasa minum kopi pada saat  malam hari, setidaknya untuk  kali ini minumlah secangkir kopi tanpa  atau rendah  kafein (decaffeinated coffee). Karena biasanya  minum secangkir  kopi larut  malam dapat  mengganggu tidur kita. Minum secangkir  kopi tanpa kafein tentu tetap mengandung antioksidan yang juga dibutuhkan tubuh kita.

@ Saat sahur

Diperbolehkan minum  secangkir kopi  di saat sahur. Usahakan meminum secangkir  kopi sesudah  makan sahur dan tidak  lebih dari satu cangkir kopi saja. Pada saat sahur diwajibkan  mengonsumsi air putih  dengan cukup sebab  pada saat puasa tubuh kita akan dehidrasi yang disebabkan  kekurangan cairan. Fungsi minum kopi pada saat sahur itu,  selain untuk energi dalam   melanjutkan ibadah, juga mengakibatkan  peminumnya tidak ngantuk  yang dibutuhkan untuk kegiatan pada  pagi hari.

Saat sahur, anda dapat  menikmati seduhan  secangkir kopi seperti biasanya. Andaikata  anda terbiasa minum secangkir kopi di pagi hari, maka minum secangkir  kopi menjelang subuh pasti tidak jauh berbeda.Minum  secangkir kopi menjelang imsak akan  menolong  Anda terus  terjaga dan berenergi  saat bekerja atau melakukan  aktifitas pada  siang hari.

Agar puasa Anda berjalan  lancar, serta  tubuh tetap bugar selama  bulan puasa, Anda wajib melaksanakan  menu makan yang proporsional.

Cuma  Konsumsi Biji Kopi yang Segar

Biji kopi segar disini  yang dimaksud ialah  biji kopinya tak  begitu  lama disangrai atau roasting. Biji kopinya juga tak  terlalu lama disimpan. Alangkah sebaiknya tidak mengonsumsi kopi dalam bentuk saset serta  kopi ready to drink karena kopi  itu bukanlah 100% kandungan dari biji kopi asli dan dapat  mengganggu kesehatan apalagi  dikonsumsi terutama si  saat bulan puasa.

Mengimbangi Minum Kopi dengan Minum  Air Putih yang Cukup

Sebaik-baiknya manfaat  kopi, tentunya bakal  tidak baik andaikan  dikonsumsi secara berlebihan terlebih lagi di saat bulan puasa. Karena sebab itu, imbangin asupan kandungan  kafein dengan  cara perbanyak meminum air putih secara cukup supaya  tubuh seimbang dan Anda  mampu menjalankan iabadah puasa dengan maksimal.

Note: Zat Kafein, yang kandungannya banyak terdapat  dalam kopi, membentuk  stimulan yang bisa  meningkatkan kinerja serta  energi tubuh, mempertajam konsentrasi, meningkatkan memori, serta  kewaspadaan dalam jangka waktu  pendek. Tetapi  kafein juga tergolong  zat adiktif yang dapat menyebabkan ketergantungan

Minum Kopi

Nah….

Untuk  kalian yang masih ragu mau ngopi pada  bulan puasa, kini dapat  menyiasatinya dengan mengikuti langkah di atas. Kami segenap dari  tim dan keluarga besar lapaklarismanis.com  mengucapkan selamat menunaikan  ibadah puasa.

Demikian Sharing ini semoga dapat bermanfaat bagi kita.

Anda boleh share jika artikel ini bermanfaat

Untuk produk keren lainnya yang berhubungan dengan usaha online

Dapat langsung klik lapaklarismanis.com (Harga Menarik).

Simpan




Komentar Artikel "Mantap Minum Kopi Dalam Bulan Puasa"