Kompenen Penting Mesin Kopo Espresso serta Fungsinya - lapaklarismanis

Kompenen Penting Mesin Kopo Espresso serta Fungsinya

2 tahun yang lalu    

Mengenali Kompenen Penting Mesin Kopi Espresso serta Fungsinya

Pembuat kopi atau  barista tentunya dalam melakukan pekerjaannya  selalu berkutat mengunakan  mesin espresso. Karena  bantuan mesin inilah seorang  barista akan menghasilkan single shot espresso nan nikmat untuk setiap konsumen, Karena itu, seorang crew barista perlu mengetahui secara seksama bagian-bagian penting atas sebuah mesin espresso serta fung sinya. Padai artikel ini kami akan sharing ke pembaca untuk mengenal beberapa elemen penting mesin espresso serta  kegunaanya.

Suatu  MESIN KOPI esspresso terdiri dari beberapa tahap penting atas  fungsinya masing-masing  seperti  berikut :

1. Portafilter

Media  atau tempat biji  kopi halus  yang akan dikonsentrat Portafilter perlu berada pada temparatur yang tepat di saat ekstraksi, jadi sebaiknya tidak boleh  dilepas sangat lama dari grouphead. Sebuah portafilter terdiri atas handle, basket, serta spouts.

2. Tamper

Mempunyai Fungsi sebagai perlengkapa untuk mengerjakan tamping atau pemadatan biji kopi haluspada portafilter lewat cara menekannya melalui telapak tangan.

3. Group Head

Wadah dimana biji  kopi halus  pada portafilter setelah  ditamping atau dipadatkan akan diekstraksi lewat tekanan tinggi MESIN KOPI espressosehingga dihasilkan shot espresso. Grouphead Caramel mesti berada di suhu yang akurat di saat ekstraksi, inilah sebabnya kita mesti membilasnya lewat air dari boiler apabila  mesin berada dalam keadaan idle atau tidak bekerja  didalam waktu yang cukup lama. Elemen  dasar grouphead dikelilingi partisi berbahan karet atau istilahnya grouphead gasket, yang mempunyai fungsi  guna  menutup grouphead serta portafilter rapat-rapat biar tekanan tidak muncul dari lokasi yang tidak diinginkan. Karet penyekat itu ialah elemen paling lemah  dari mesin espresso. Lazimnya kita layak menggantinya tiap tahun sekali.

 

4. Knockbox

Mempunyai fungsi sebagai penampung sisa  dari biji kopi halus yang telah diekstrak di portafilter. Knocbox bisa memudahkan pekerjaan barista ketika melepas dan membuang ampas atau sisa bubuk kopi dengan cara menggetok portafiler pada metal yang ada di tengah knockbox. Untuk lebih jelas, pembaca bisa melihat gambar di bawah ini.

 

5. Extraction Switch

Satu tombol yang mempunyai fungsi untuk memulai serta menghentikan ekstraksi. Untuk mesin kopi espresso otomatis, kenop ini bisa diprogram agar ekstraksi dapat dihentikan setelah beberapa jangka waktu tertentu. Sedangkan untuk mesin kopi espresso semi-otomatis, kita perlu menekan tombol itu secara manual dalam  memulai serta menghentikan ekstraksi.


6. Steam Knob

Kenop untuk menghidupkan serta mematikan steam atau uap panas yang muncul dari steam wand. Biasanya kenop itu dapat diputar-putar akan mengatur seberapa kuantitas keluaran steam yang kita inginkan.

 

7. Steam Wand

Tangkai dipakaiuntuk mengeluarkan steam,  digunakan untuk frothing serta memanaskan dan membuihkan susu. Steam Wand adalah bagian luar amat panas dari mesin kopi espresso. Panasnya dapat lebih dari 100° C dalam situasi tertentu. Karena  itu seorang barista mesti sangat berhati-hati atas elemen mesin espresso yang satu itu. Secercah saja bersentuhan lewat kulit kita, hingga kulit akan terbakar.

 

8. Drip Tray

Adalah saringan dari material stainless yang mempunyai fungsi sebagai tempat sampah kopi yang tertumpah.

Demikian artikel mengenal bagian penting MESIN KOPI espresso dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

 




Komentar Artikel "Kompenen Penting Mesin Kopo Espresso serta Fungsinya"