Kerja adalah Martabat - lapaklarismanis

Kerja adalah Martabat

1 tahun yang lalu    

Kerja adalah Kehormatan

Seorang eksekutif muda sementara beristirahat siang di sebuah café  terbuka.

kerja martabat lapak laris manis

Sambil sibuk mengedit dan mengutak-atik keyboard   laptopnya, pada saat  itu juga datang seorang gadis kecil yang menjaja beberapa tangkai bunga kemudian  menghampirinya sambil berujar  . ”Om beli bunga Om.”  di jawab ”Tidak De', saya lagi tidak butuh,” tutur  eksekutif muda itu,  tetap acuh tak acuh dan sibuk dengan laptopnya.

kerja martabat

Anak itu menawarkan lagi dan berkata ”Satu aja Om, kan bunganya dapat  untuk diberi ke pacar  atau istri Om,” rajut  si gadis kecil. 

Agak  kesal dengan nada cukup  tinggi karena merasa terganggu kesibukannya,  si pemuda berkata, ”Ade…. gak  melihat Saya lagi  sibuk yach? Nanti saja  ya kalau  Saya butuh,  Om bakal  beli bunga dari kamu.” Mendengar perkataan  pemuda tersebut, anak perempuan  kecil itu pun kemudian beralih kepada  orang-orang yang hilir mudik  di sekitar café  itu.

Setelah merampungkan  istirahat siangnya, kemudain  pemuda itu  segera beranjak dari café  tersebut. sesaat berjalan keluar dia bersua  lagi dengan si anak perempuan  kecil penjual bunga itu,  dan si anak kembali mendekatinya. Sambil berujar  

”Udah  selesai kerja Om, beli bunga ini dong Om, tidak mahal kok,  satu biji  saja yach Om.”

kerja martabat

Bercampur antara kasihan  dan jengkel  si pemuda tersebut mengeluarkan selembar  uang dari saku celananya . 

”Ini uang 20.000 rupiah untuk  kamu. Om tak mau bunganya, anggap saja ini sedekahan untuk kamu,” kata  si pemuda itu sambil menyodorkan  uangnya kepada anak perempuan  kecil itu.

Uang itu langsung diambilnya, akan tetapi tidak  langsung disimpan, melainkan dia berikan untuk pengemis tua yang secara  kebetulan melintas di sekitar sana. 

kerja martabat

Pemuda itu terpana  dan sedikit tersinggung. lalu berkata

”Kenapa uang itu  tidak diambil, malah diberikan kepada pengemis?”

Dengan sepontannya  si anak perempuan  kecil menjawab,

 ”Maaf Om, saya telah  berjanji dengan ibu,  bahwa saya mesti  menjual bunga-bunga itu dan tidak memperoleh  uang dari meminta-minta., pesan Ibu kepada saya  walaupun tidak mempunyai uang,  kita tidak boleh menjadi peminta-minta ” 

Pemuda itu terkesima  betapa ia memperoleh  pelajaran yang amat  berharga dari seorang gadis  kecil bahwasannya  KERJA adalah sebuiah KEHORMATAN, kendatipun  hasilnya  tidak seberapa akan  tetapi keringat yang menitik  atas  hasil kerja keras ialah  sebuah MARTABAT dan  KEBANGGAN.

kerja martabat

Akhirnya pemuda  itu pun mengeluarkan isi  dompetnya dan membeli beberapa  bunga-bunga tersebut , bukan karena kasihan, akan tetapi karena semangat kerja serta  keyakinan si gadis  kecil itu yang membaginya  pelajaran berharga pada hari itu. 

Tak  jarang kita menghargai sauatu pekerjaan sebatas pada upah   atau uang yang diterimanya.

Kerja akan sangat  bernilai lebih andaikan  itu menjadi satu kebanggaan dan martabat bagi kita.

Sekecil apapun peran kita dalam sebuah pekerjaan, andaikan  Anda  kerjakan dengan sungguh-sungguh yakin akan memberi sebuah nilai untuk  manusia itu sendiri.

kerja martabat

Karena itu, setiap tetesan  keringat yang berlinang akan menjadi sebuah martabat dan kehormatan yang layak kita perjuangan.

Mat bekerja dan beraktifitas

Semanagat Pagi dan Sukses Slalu




Komentar Artikel "Kerja adalah Martabat"