Apa Itu List Building - lapaklarismanis

Apa Itu List Building

2 tahun yang lalu    

Tahukah Kita apa itu list building? 


List building ialah  metode  membangun list atau database calon pelanggan  yang kelak akan menjadi kekayaan dalam menjalankan usaha online anda

(contoh usaha online klik lapaklarismanis.com).

Contoh Usaha Online

Jika hanya fokus mengejar  omset tanpa membuat  asset atau list Anda, maka berakibat  usaha online  hanya akan sementara serta  jauh lebih letih  karena selalu berfokus mendatangkan calon konsumen baru.

Ingat, biaya untuk mendapatkan seorang calon konsumen (leads) dalam usaha online itu jauh lebih besar  daripada menjalin  hubungan dengan costumer  yang telah  pernah bertransaksi dalam usaha online kita..

HIRARKI CUSTOMERS = (COLD MARKET) ---> (WARM MARKET) ---> (HOT MARKET)

Cold, Warm, & Hot


COLD MARKET
 : Mereka belum  mengenal siapa Anda. Sebagai contoh  ketika Anda melakukan promosi untuk usaha online anda  menggunakan aplikasi jasa paid promote/endorse baik tiu di instagram ataupun  facebook ads. dalam tahapan ini orang-orang tersebut cenderung tidak akan secara  langsung melakukan pembelian produk Anda. Setelah orang-orang tersebut  mencoba melakukan penambahan diri Anda ke dalam kontak mereka apakah itu  lewat Whastapp, Follow atau  Pin dan lain sebagainya , maka mereka akan lebih mengenal siapa Anda


WARM MARKET :

Ya……!

Mereka yang telah  memasukkan  Anda menjadi teman, akan melakukan interaksi dengan kita, bertanya-tanya  mengenai  produk, dengan demikian  mereka dengan tidak disadaari menjadi  lebih dekat lagi mengenal Anda. Setelah itu pada tahap inilah Anda  mencoba mengubah orang-oraang tersebut  menjadi pembeli (buyer) / HOT MARKET.

Kemudian, bagaimana caranya Anda  mengubah warm market menjelma menjadi hot market? Caranya TAWARIN FREE ONGKIR, DISKON, HADIAH, FREE MEMBERSHIP serta  berbagai manfaat lainnya supaya mereka TERTARIK MEMBELI.produk pada usaha online Anda.

HOT MARKET : di tahapan ini, isinya ialah  mereka  yang telah  pernah bertransaksi pada usaha online Anda. Mereka konsumen yang telah  bertransaksi lebih cenderung telah  mempercayai Anda. Maksimalkan potensi dan keuntungan tersebut dengan up selling, cross selling, royalty points dan lain lain


Bangun  hubungan dengan sebaik baiknya  supaya  mereka tetap loyal bersama  Anda.

List building itu sendiri dapat dilakukan  dengan cara gratisan dan cara  berbayar.

List Building
Pengalaman saya dalam menjalankan usaha online, memakai metode aplikasi berbayar akan menghasilkan  interaksi  yang jauh lebih cepat ketimbang dengan aplikasi yang gratisan.

List building dapat diibaratkan Anda  sedang membuat  sebuah kolam ikan. Misalkan dalam usaha online,   kita jualan

Mobil RC

maka "ikan" Anda adalah Orang tua  yang mempunyai anak laki-laki usia 5 (Lima) tahun sampai remaja.


Apa manfaatnya  andaikan  kolam kita telah  terisi dengan banyaknya ikan yang tetarget? Kita dapat  "memancingnya" (baca: jualan) kapan saja,  yang perlu diingat tetap wajib memberikan keuntungan. Jangan jualan terus sebab  orang tidak akan  suka dijuali.

Anda utamakan klasifikasi kolam, dimana ketika kita memposting sesuatu yang berhubunngan dengan usaha online itu, orang-orang tersebut mendapatkan notifikasinya. Sebagai contoh : Whatsapp, Line, BBM, Mesegger FB dan lain lain sehingga  ketika Anda melakukan broadcast hingga  mereka akan memperoleh notifikasi. Berbeda dengan Media Sosial  Instagram yang wajib  diatur  manual oleh followers kita  baru mereka dapat memperoleh  notifikasi ketika kita  memposting sesuatu. 

Jenis-jenis kolam yang harus Anda bangun 

  1. Email List
  2. Facebook Group
  3. Pixel Audience
  4. Whatsapp
  5. Akun Twitter
  6. Blackberry Messenger
  7. Facebook Fanspage

 

Kolam lain yang bisa Anda bangun, yaitu :

- Website Komunitas

- Mesengger seperti Mesngger FB, LINE, Telegram, dan lain lain

- Sosial Media seperti Instagram, Path, dan lain lain

Ilustrasi perumpamaan yang dapat disampaikan dalam membantu menjalankan usaha online Anda:

  1. Produk : Mobil Remote Control Rock Crawler Adventure
  2. Kolam ikan (Usaaha online) : Masegger, Whatsapp, Line, Path, BBM, Wechat, Telegram dan sejenisnya
  3. Metode mendapatkan ikan dalam usaha online Anda: Adakan pemberian hadiah kecil-kecilan secara gratis
  4. Voucher potongan harga, voucher free ongkir, kuis berhadiah, E-book cara memelihara mobil remote yang baik  dan lain-lain
  5. Kasih makan : bagikan link video mengenai cara bermain mobil Remote Control, tips mengupgrade mesin RC standar menjadi  semi Pro, tips yang bermanfaat seputar dunia lomba mobil remote control
  1. Pancing (panen) : Menawarkan produk mobil remot control Anda ke prospek yang sudah di bina


Ada pepatah yang mmenarik dalam menjankan usaaha online “Banyak List banyak keesempatan meraih rezeki ! “jangan  semata  hanya berfokus ke jualan saja untuk meningkatkan omzet, akan tetapi bina list maka omzet akan datang sendirinya!

" Penjualan Akan Tercipta dengan Membina Hubungan "

Penutup

Itulah bagaimana anda bisa membangun dan mengembangkan list baik itu menggunakan email, whathsapp, masegger, line, BBM, Telegram, Wechat dan lain sebagainya

Seperti yang telah  dijelaskan di atas, list  marketing memberi kontrubusi  ROI paling tinggi  apabila dibandingkan dengan progress  traffic dari sosial media dan promosi iklan.

Oleh sebab itu segeralah membangun data base list Anda sendiri.

Demikian Sharing ini semoga dapat bermanfaat bagi kita.

Anda boleh share jika artikel ini bermanfaat !

Untuk produk keren lainnya yang berhubungan dengan usaha online

Dapat langsung

klik lapaklarismanis.com  (Harga Menarik)

 

 

Simpan

Simpan




Komentar Artikel "Apa Itu List Building"